Agustus 18, 2022
11 11 11 AM
Bupati Indramayu Nina Agustina Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif
Program KB Capai 100%, Indramayu Raih Penghargaan Dari Gubernur Jabar
Pembukaan Lomba Burung Berkicau Nasional Kania SF Beberapa Kadis Paparkan Program Unggulan Bupati Indramayu
Bupati Indramayu, Nina Agustina memberi apresiasi kepada Atlet MTFC
Bupati Nina Hadiri Rapat Paripurna APBD
Bupati Nina Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Indramayu
Samsat Indramayu Gelar Sosialisasi ATOS PAMOR
Pemkab Indramayu Raih WTP, Bupati Nina :Terima Kasih ASN, DPRD dan Masyarakat
Cerita Abdul Hakim: Istri Meninggal sebelum Berhaji, Daftar Berlima, Berangkat Bertiga
INDRAMAYU NEWS
Bupati Indramayu Nina Agustina Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif Program KB Capai 100%, Indramayu Raih Penghargaan Dari Gubernur Jabar Pembukaan Lomba Burung Berkicau Nasional Kania SF Beberapa Kadis Paparkan Program Unggulan Bupati Indramayu Bupati Indramayu, Nina Agustina memberi apresiasi kepada Atlet MTFC Bupati Nina Hadiri Rapat Paripurna APBD Bupati Nina Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Indramayu Samsat Indramayu Gelar Sosialisasi ATOS PAMOR Pemkab Indramayu Raih WTP, Bupati Nina :Terima Kasih ASN, DPRD dan Masyarakat Cerita Abdul Hakim: Istri Meninggal sebelum Berhaji, Daftar Berlima, Berangkat Bertiga

Bupati Nina Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Indramayu

 

KECAMATAN INDRAMAYU – Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar mengukuhkan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan dan Desa di seluruh Kabupaten Indramayu. Pengukuhan itu dilakukan di Pendopo Indramayu, Rabu (27/7/2022).

Dalam sambutannya Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun. Hal ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Selaku Bunda PAUD Kabupaten Indramayu, Bupati Nina Agustina sangat mengapresiasi istri para camat, kepala desa dan lurah yang siap berbakti dengan menjadi Bunda PAUD. Nina berharap, usai dikukuhkan, Bunda PAUD Kecamatan dan Desa atau Kelurahan ini bisa melaksanakan tugas dan kewajiban sebaik-baiknya disertai penuh rasa tanggung jawab untuk meningkatkan peran serta PAUD dalam menyukseskan pembangunan.

 

“Mudah-mudahan pengukuhan ini menjadi motivasi untuk para Bunda PAUD kecamatan dan desa/ kelurahan untuk berperan maksimal dalam mendampingi serta terlibat dalam mewujudkan PAUD berkualitas demi terciptanya generasi Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat),” katanya. 

 

Menurutnya, keberadaan PAUD sangat penting dalam membina tumbuh kembang anak secara optimal. Apalagi PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang diberikan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani.

Hal tersebut dimaksudkan agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan diawal masa pertumbuhan amat sangatlah penting pada usia dini, otak berkembang sangat cepat. Otak anak juga dapat menerima dan menyerap sesuatu yang dilihatnya dan didengarnya baik itu sesuatu yang baik maupun yang kurang baik, semua diserap tanpa terkecuali. 

 

Dikatakan Bupati Nina, masa-masa tersebut adalah masa dimana perkembangan fisik, mental dan spiritual seorang anak akan mulai terbentuk, oleh karena itu banyak yang mengatakan ini adalah masa golden age bagi seorang anak. 

 

Lanjutnya, Bunda PAUD sebagai tokoh sentral yang ada di setiap jenjang pemerintahan, dapat memberikan motivasi kepada masyarakat dengan cara memberikan sumbangan pemikiran, membuat suatu gerakan, atau mensosialisasikan sebuah Informasi atau pengetahuan untuk kebaikan anak dan meminimalisir tindakan bullying.

 

“Yang sedang marak saat ini dan terkadang kita tidak sadari adalah bullying kepada anak, baik melukai anak secara fisik, verbal, sehingga melukai emosionalnya atau psikologisnya. Saya ingin mengajak seluruh Bunda Paud dari Desa sampai dengan Kecamatan untuk mengkampanyekan “hentikan segala bentuk bullying kepada anak” Berikan pemahaman dimulai dari keluarga yang merupakan tempat belajar anak yang pertama,” harapannya.

 

Selain itu untuk mendukung layanan PAUD berkualitas, Bunda PAUD harus mempunyai program setiap tahunnya pada kesempatan ini saya mengajak semua komponen masyarakat dan pokja Bunda PAUD kabupaten maupun kecamatan dan bunda PAUD desa kelurahan untuk selalu berjalan beriringan serta saling bergandengan tangan dalam menyiapkan generasi emas Indramayu untuk masa depan yang lebih sejahtera demi terwujudnya Indramayu Bermartabat. (Isnaini/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo/Kecamatan Indramayu)